Daftar Isi Keseluruhan Artikel Blog

Jumat, 05 Desember 2008

Omega-3, Bayi dan Ibu

Tahukah Anda? Ada program edukasi khusus di Colorado, Amerika Serikat, yang isinya mengenai pengunaan suplemen Omega-3, judul program itu adalah “Omega-3 for Baby and Me”. Sasaran program itu adalah para ibu, bayi, dan anak-anak. Dalam postingan kali ini saya tidak akan bercerita mengenai program tersebut, yang ingin saya uraikan adalah manfaat Omega-3 terutama untuk ibu dan bayi.

Omega-3 atau asam lemak dokosaheksanoat (DHA) adalah komponen yang esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan dan sesudah kelahiran buah hati kita. Janin sangat membutuhkan DHA pada masa kehamilan trimester ketiga dan menurut perhitungan membutuhkan 50-70 mg per hari. Untuk mencapai angka tersebut setidaknya ibu harus mengkonsumsi DHA sebanyak 300 mg per hari. DHA sendiri disintesis oleh tubuh dari asam alfa-linolenat (LnA). Banyak sumber makanan yang mengandung LnA, diantaranya adalah kedelai, buah kiwi, dan sayur-sayuran ataupun hewan yang memakan tumbuhan hijau juga merupakan salah satu sumber LnA.

Konsumsi DHA pada ibu hamil terutama bertujuan untuk menghindari lahirnya bayi prematur dan mencegah bayi lahir dengan berat badan (BB) rendah, lingkar kepala kecil, serta panjang bayi yang juga kecil. Para ibu hamil yang melahirkan secara prematur merupakan indikasi adanya kondisi kekurangan DHA. Sebaliknya, konsentrasi asam dokosapentaenoat (DPA) malah tinggi (indicator defisiensi Omega-3). Kondisi tersebut tidak dijumpai pada ibu hamil yang cukup mendapatkan DHA. Bagi ibu, DHA dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan, terutama ikan salmon, sumber lainnya adalah minyak ikan dan telur. Berkaitan dengan minyak ikan, pemberian suplemen minyak ikan yang banyak mengandung DHA dan asam eikosapentanoat (EPA)pada ibu hamil telah terbukti mengurangi resiko lahirnya bayi prematur dan bayi dengan BB rendah.

Kembali ke program “Omega-3 for Baby and Me” seperti yang telah saya sebutkan di atas, program tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan. Para ibu hamil yang mengikuti program itu menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi DHA bagi janin yang tengah dikandungnya.

Ok Bunda, praktekkan ya untuk buah hatimu. Semoga artikel ini membantu....

Salam hangat.....


Keywords : ASI, Bayi, Ibu, Menyusui, Omega 3, Asam Lemak, DHA, AA, EPA, Kandungan ASI, Janin, Hamil, Ibu Hamil, Kehamilan, Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar