Daftar Isi Keseluruhan Artikel Blog

Jumat, 12 Desember 2008

Pentingnya Pijat Bayi: Bagi Bayi Prematur

Pada postingan saya beberapa minggu yang lalu saya telah membahas mengenai pentingnya pijat bayi untuk buah hati tercinta kita. Pada postingan itu telah saya bahas sedikit mengenai manfaat pijat bayi bagi bayi prematur, pad postingan kali ini saya bermaksud untuk membahas lebih lanjut mengenai manfaat pijat bayi khusus bagi bayi premature.

Melahirkan bayi premature merupakan pengalaman yang unik sekaligus stressful. Kecemasan yang mendalam pada diri kita sebagai orang tua pasti akan selalu dirasakan. Saya, meskipun tidak secara langsung merasakan kecemasan itu, tetapi saya mengerti bagaimana rasanya apabila bayi tersayang kita mengalami masalah kesehatan yang cukup berat. Ini saya alami waktu anak saya dirawat dua hari di ruang khusus bayi bermasalah di salah satu rumah sakit, waktu itu anak saya mengalami jaundice atau hiperbilirubinemia (saya akan bahas pada postingan selanjutnya). Di ruang yang sama dengan anak saya ada beberapa bayi yang dirawat di dalam incubator, di antara mereka adalah bayi premature. Saya melihat kesedihan, kecemasan, harapan yang teramat dalam pada raut wajah para orang tua yang berkunjung untuk melihat anaknya waktu itu. Saya berdoa semoga mereka selalu diberi kekuatan dan semoga bayi tercintanya segera diberi kesehatan.

Balik lagi ke pijat bayi. Field et al telah melakukan penelitian mengenai pengaruh pijat bayi pada bayi premature. Dalam penelitiannya pijat pada bayi premature dilakukan 3 kali masing-masing selama 15 menit. Pemijatan tersebut dilakukan selama 10 hari selama di dalam inkubator. Hasil yang didapat sungguh mengejutkan, bila dibandingkan dengan bayi premature lain yang tidak dipijat, bayi premature yang dipijat menunjukkan peningkatan berat badan sebesar 47%. Tidak hanya itu, bayi premature yang diberi pijatan akan lebih cepat pulang dari rumah sakit, menurut Field et al. 6 hari lebih cepat, tentu saja ini merupakan langkah penghematan. Field et al. juga mencatat bahwa terdapat peningkatan sekresi hormon norepinephrine dan epinephrine yang akan menstimulasi saraf-saraf pada bayi dan memberikan pengaruh yang positif bagi organ-organ yang lain.

Setelah 1 tahun diberikan pijatan, bayi yang lahir premature menunjukkan pertambahan berat badan yang semakin baik, berbeda dengan bayi yang tidak diberi pijatan. Kemampuan motoriknya pun menunjukkan hasil yang positif dengan pemijatan, begitu juga dengan mental si bayi. Karena pijat bayi memberikan energi yang positif yang tercipta akibat ikatan bathin antara bayi dengan orang tua yang semakin erat. Terapkan pijat bayi pada buah hati tercinta anda dan rasakan efek positifnya.

Salam…...


Keywords : Bayi, Bayi Prematur, Ikatan Bathin, Pijat Bayi, Stimulasi, Kesehatan Bayi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar